Program Beasiswa S2 Kominfo Tahun 2015

 logo_kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB pada Tahun 2015 kembali membuka kesempatan dan menyediakan beasiswa pendidikan S2 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian dan lembaga pemerintah pusat dan daerah (kecuali pada PNS instansi sektor pendidikan), anggota TNI/POLRI.

Program ini dilaksanakan khusus untuk Program Magister Teknik Elektro Jalur Pilihan Kepemimpinan Teknologi Informasi (Chief Information Officer – CIO) dan Jalur Pilihan Layanan Teknologi Informasi (LTI) STEI ITB, yang dilaksanakan selama 18 (delapan belas) bulan.

Untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo sesuai dengan tujuan dan sasaran Program kepada Calon Penerima Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo memberikan syarat sebagai berikut :

 1.  Persyaratan Umum:

  • Lulus tes penerimaan pada Program Magister Teknik Elektro Jalur Pilihan Kepemimpinan Teknologi Informasi (Chief Information Officer – CIO) atau Layanan Teknologi Informasi (LTI) STEI ITB
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian dan lembaga pemerintah pusat dan daerah (kecuali PNS pada Instansi sektor pendidikan), anggota TNI/POLRI;
  • Berusia maksimum 37 (tiga puluh tujuh) tahun pada saat mendaftarakan diri;
  • Berstatus PNS dan TNI/Polri aktif yang memiliki masa kerja maksimum 2 (dua) tahun;
  • Mendapatkan izin (tugas belajar) dan rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II) di instansi yang bersangkutan untuk menjalani pendidikan;
  • Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti Program Pendidikan S2 dari lembaga lain;
  • Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan Sekolah Pasca Sarjana ITB.

2.  Persyaratan Khusus:

  • Untuk Program Jalur Pilihan Kepemimpinan Teknologi Informasi (Chief Information Officer – CIO) atau Layanan Teknologi Informasi (LTI), tugas dan fungsinya terkait dengan tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di instansi yang bersangkutan.
  • Pemenuhan persyaratan ini dibuktikan dengan Surat Persyaratan Melaksanakan Jabatan (SPMJ), dan Surat Keputusan Jabatan Struktural bagi yang sudah menjabat atau Surat Penempatan dari unit yang menangani kepegawaian dari masing-masing instansi kepada yang bersangkutan untuk melaksanakan tugas di bidang terkait.

 

Informasi dan prosedur pendaftaran program beasiswa dapat dilihat pada website http://mti.stei.itb.ac.id/pendaftaran-dan-registrasi/pendaftaran-program-beasiswa-kominfo-tahun-2015/

 

Informasi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo
Web: http://balitbang.kominfo.go.id/?p=8044

 

You may also like...

26 Responses

  1. Teamsar says:

    Dear Admin,

    Saya ingin bertanya, apakah pegawai swasta yang sudah bekerja hampir 6 tahun tidak dapat mendapatkan beasiswa ini? Apabila tidak, apakah ada beasiswa yang sama untuk orang yang bukan PNS? Trims

  2. afini says:

    Mohon informasinya kapan pendaftaraan untuk MTI CIO di ITB TA 2015 dibuka. Terima kasih. Salam

    • kusprasapta says:

      Pendaftaran gelombang I sudah dibuka, dan akan ditutup pada tanggal 2 April 2015. Pendaftaran Gelombang II dibuka pada 27 April – 3 Juni 2015.
      Silakan melihat informasi detilnya pada web ini untuk syarat pendaftaran. Ditunggu.

  3. meisa says:

    Mohon maaf kami baru dapat membalas email Anda. Beasiswa Program S2 Jalur Pilihan CIO dan LTI bertujuan untuk meningkatkan TIK di lingkungan pemerintahan, untuk itu beasiswa ini hanya diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian dan lembaga pemerintah pusat dan daerah (di luar sektor pendidikan), PNS di lingkungan TNI/POLRI.
    Diluar itu Anda dapat mencoba beasiswa dari Kementerian pendidikan dan Keubdayaan diantaranya ada beasiswa unggulan. Informasi lebih lanjut Anda dapat mengakses beasiswa unggulan.

  4. Riyadi says:

    Mohon informasinya tentang SPMJ dan rekomendasi dari pejabat eselon II, apakah boleh diserahkan ketika dinyatakan lulus atau harus dilampirkan ketika menyerahkan berkas pendaftaran? Terima kasih

    • meisa says:

      Mohon maaf Pa Riyadi untuk surat SPMJ tersebut harus dilampirkan pada saat mendaftar, karena surat tersebut merupakan syarat dari Kominfo sebagai pemberi beasiswa.

  5. dodi says:

    wah guru g boleh daftar ya? kecewa…

  6. meisa says:

    Betul Pa Dody untuk saat ini Komnfo tidak memberikan beasiswa untuk sektor pendidikan.
    Mungkin Bapa bisa mencoba melalui beasiswa unggulan. terima kasih

  7. fitriawati says:

    Mohon informasi dan penjelasannya mengenai pernyataan yang berisi : Kecuali pada PNS instansi sektor pendidikan ?
    Apakah masih boleh daftar tenaga kependidikan universitas ?
    terima kasih

  8. meisa says:

    terima kasih atas pertanyaaannya, maksud dari ketarangan (Kecuali pada PNS instansi sektor pendidikan) adalah beasiswa KOMINFO untuk saat ini tidak memerikan beasiswa untuk guru, dosen atau tenaga pengajar lainnya, baik staf di Universitas Negeri.
    Demikian penjelasan yang dapat saya berikan,,,terima kasih.

  9. Anto says:

    Mohon informasi, Apakah boleh jika saya sebagai PNS bermaksud untuk ikut mendaftar program S2 tersebut tetapi belum memiliki sertifikat TOEFL atau ELPT serta TPA Bappenas dan akan memenuhi kriteria tersebut sebelum Tesis? mengingat saya bertugas di wilayah Indonesia Timur yg jangkauannya ckup jauh. Terima kasih..

    • kusprasapta says:

      Pak Anto, terima kasih atas perhatiannya pada program ini.
      TOEFL dan TPA adalah syarat masuk program Magister.
      Nilai minimum TPA dan TOEFL yang sudah ditentukan mutlak harus dipenuhi saat pendaftaran.
      Bila calon peserta belum dapat memenuhi nilai manimum TOEFL 475/EPT 77 dan TPA 475, maka tidak dapat diikutsertakan pada seleksi program beasiswa.
      Demikian. Salam.

  10. Imam says:

    di informasi pada link https://mti.stei.itb.ac.id/pendaftaran-dan-registrasi/pendaftaran-program-beasiswa-kominfo-tahun-2015/
    pada point terakhir
    “Berkas lamaran yang tidak lengkap tidak akan kami proses lebih lanjut. Khusus bagi pelamar yang mengikuti ELPT di UPT Bahasa ITB dan TPA kolektif bersama SPS ITB, bila sertifikatnya belum ada maka pelamar dapat melampirkan bukti bayarnya.”
    maksudnya gmana pak? brarti boleh kita daftar dulu untuk TOEFL atau ELPT serta TPA Bappenas. kemudian tesnya menyusul.
    Mohon informasinya..

    • kusprasapta says:

      Pak Imam, betul sekali pak. Silakan daftar dulu untuk tes TOEFL/ELPT dan TPA, kemudian tes menyusul. Mengingat kadangkala tes tersebut baru dapat dilakukan setelah masa pendaftaran berakhir/ditutup.

  11. sita says:

    dear admin, mohon informasinya jadwal pengumuman seleksi gelombang II ,,terimakasih

  12. meisa says:

    Bu Sita, informasi mengenai hasil seleksi gelombang II akan diumumkan pada
    pertengahan bulan Juli. Informasi tersebuat dapat Ibu liat diwebsite http://www.sps.itb.ac.id/.
    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya.

  13. atul says:

    Mohon info hasil seleksi beasiswa gelombang 2 nya, kira2 tahun ini quota beasiswa CIO dari kominfonya berapa orang ya untuk gel 1 dan 2? Terima kasih.

  14. fauziah says:

    kapan di buka peluang beasiswa bagi PNS khususnya di instansi pendidikan yg ingin melanjutkan study ke S2? terima kasih.

  15. Wirmanto says:

    kalo dari umum dan sumber dana pribadi tidak ada masalah kan ya..atau dari umum sumber dana dari beasiswa lain, program magister ini bukan khusus untuk pns kominfo saja kan ya admin..?

    • meisa says:

      Bapak Wirmanto, mohon maaf untuk Program Magister Teknik Elektro Jalur Pilihan Kepemimpinan Teknologi Informasi (Chief Information Officer – CIO)
      adalah Program Kerjasama antar instansi dimana pesertanya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja dilingkungan pemerintahan. Senadainya Bapak berminat kami sarankan lebih baik Bapak ikut dalam jalur pilihan LTI. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatianya.

  16. Aufi says:

    Pak.. Untuk tubel tahun 2016 ada tidak ya.. Pembukaanny kapan ya pak kl ada. Trima kasih pak

  17. meisa says:

    Dear P’Aufi
    Terima kasih untuk pertanyaannya, untuk pertanyaan yg Bapak ajukan sudah saya reply langsung ke email Bapak.

  18. Tania says:

    Setiap tahunnya beasiswa ini ada berapa gelombang? Apakah bisa ikut ujian di akhir tahun (oktober) untuk mengikuti perkuliahan di semester genap (awal tahun)?

  19. meisa says:

    Setiap tahunnya Program ini dibuka hanya 2 gelombang saja. penerimaannya biasanya dilaksanakan pada bulan Februari hingga April untuk gelombang 1. Kemudian bulan April hingga Juni untuk gelombang 2 dan perkulihannya dilaksanakan pada bulan Agustus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *